Keberadaan kapal khusus angkutan ternak KM. Camara Nusantara mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, memperlancar pengangkutan dan pendistribusian ternak secara cepat. Kapal khusus ternak didesain memenuhi standar Internasional yang mengimplementasi prinsip animal welfare selama perjalanan dan pada saat loading-unloading.

Pemanfaatan kapal khusus angkutan ternak berimplikasi pada optimalnya konektivitas daerah sentra produksi dan konsumen. Secara operasional moda transportasi laut angkutan ternak itu akan efektif melayani pengangkutan ternak dan berlayar secara rutin dan terjadwal dari daerah sentra produksi menuju daerah konsumen.

Pemanfaatan kapal khusus ternak diharapkan dapat merubah struktur pasar, adanya indikasi peningkatan harga di tingkat peternak dan penurunan harga daging di tingkat konsumen. Adanya pemberian subsidi biaya angkut pada kapal ternak, diharapkan ada umpan balik adanya efisiensi distribusi ternak dan indikasi harga daging terjangkau di tingkat konsumen. Biaya subsidi yang diberikan kepada pengguna kapal ternak harus dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk penurunan harga daging terjangkau oleh masyarakat.